Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis.

Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam.

Get the latest news!

Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

 
2.2. Pengertian mesin CNC

            Yang dimaksud mesin CNC adalah suatu mesin kemana kita masukkan perintah berupa angka/ hurup (masukkan data), suatu mesin yang memahami, memproses dan menghitung data, suatu mesin yang meneruskan data dan harga terhitung dan mengubahnya dalam bentuk perintah-perintah (keluaran data) dan suatu mesin yang mentaati perintah. Mesin CNC (Computer Numerical Control) merupakan salah satu jenis dari sekian banyak mesin NC (Numerical Control), yaitu mesin yang dikendalikan secara numerik. Oleh karena itu, masih ada jenis mesin NC lain, yaitu mesin DNC (Direct Numerical Control) dan  ANC (Adaptive Numerical Control).
            Pada dasarnya, kontruksi dari sebuah mesin NC seperti CNC terdiri dari bagian utama, yaitu bagian sistem pengendali dan bagian mesin perkakas. Pada bagian pengendali, berisi sistem-sistem yang dipergunakan untuk mengendalikan gerakkan mesin perkakas (gerakan alat potong). Adapun pada bagian mesin perkakas berisi bagian-bagian mekanik yang bergerak dimana perkakas potong terpasang.
            Berdasarkan uraian tersebut, ternyata mesin NC ini merupakan penyempurnaan sistem pengoperasian mesin dari cara konvensional (menggunakan tenaga manusia) menjadi menggunakan kendali elektronika (otomation).

2.3. Bagian-bagian utama mesin CNC
        Dalam suatu mesin CNC tersebut akan terdiri dari beberapa unit yaitu input unit, computing ot mathematics unit, memory unit, control unit, and output unit. Unit-unit tersebut seluruhnya termasuk kedalam sistem kontrol dari mesin. Adapun yang merealisasikan seluruh perintahnya adalah bagian mesin perkakas (machines tools). Dengan demikian, suatu mesin CNC pada dasarnya hanya terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian CNC sistem dan mesin perkakas.

2.4. Sistem pengendalian mesin CNC
                        Sistem pengendalian CNC memiliki banyak komponen. Komponen tersebut dapat berkaitan dengan alat pemuatan data (input driven), seperti penggerak disket, tape magnetik pembaca pita berlubang, dan keyboard. Selaian itu, berkaitan juga dengan alat penghubung mesin dengan Control unit tersebut, terdiri dari unit-unit pengolahan dan penyimpanan data yang dikenal dengan nama komputer. Disamping itu ada juga bagian yang berguna untuk melihat tampilan data eksekusi, yakni komponen display atau monitor. Adapun secara rinci fungsi dari control unit ini adalah :
·            Untuk memuat program pada mesin baik secara manual melalui keyboard pada mesin, maupun melalui operasi antar aparat seperti pita magnet, disket, RS 232, ataupun paralel port.
·            Untuk memuat data tentang alat potong.
·            Untuk mengedit atau memperbaiki program.
·            Untuk pengkodean program benda kerja.
·            Untuk menghitung cutter part berikut tool opset.
·           Untuk memunculkan perintah pergerakan dan pengendalian kecepatan sumbu dengan sinyal umpan baik.
·         Untuk memunculkan perintah-perintah ON/OF untuk beberapa element pengendalian mesin dan memonitor kecepatan spindel.
·         Untuk menggangu program pada saat jalannya.
·          Dan untuk menyimpan data program. 

2.4.1.    Berikut ini komponen-komponen sistem pengendali CNC


Jantungnya dalam sistem CNC adalah komputer yang membawa/ memuat semua perhitungan dan rangkaian logik (logical link-ups). Mengingat sistem CNC sebagai alat penghubung antara oprator dengan mesin perkakas, maka akan terdapat dua interface yang berfungsi sebagai penghubung untuk operator dan mesin.
a)   Interface untuk oprator. Dalam komponen ini terdiri dari panel kendali (control panel) dan berbagai penghubung untuk alat pemuat data seperti punche tape reader dan perforator, unti tipe magnitic, dan untuk penggerak disket dan printer.
b)   Interface untuk mesin perkakas. Interfacce ini adalah interface yang berhubungan dengan sistem pengendalian, terdiri dari interface untuk pengendali sumbu (Axis Control) dan sumber tenaga (Power suplly).
2.4.2.  Panel – panel pengendali mesin CNC



a) Display adalah komponen dari kontrol unit yang berguna untuk melihat kondisi aktual pada saat beroprasi. Display ini biasanya berbentuk monitor.
b)   Pengendali untuk pengoperasian mesin. Komponen ini terdiri dari tombol-tombol yang berfungsi untuk menggerakan mesin perkakas.
c)   Control untuk pemuatan program secara manual. Komponen ini digunakan untuk pemuatan data atau program secara manual dan pembetulan (corecting). Komponen ini dikenal dengan nama keyboard.
d)      Komponen pemindah fungsi mode. Komponen ini berfungsi sebagai pengubah fungsi (operating modes) seperti mode manual, edit, eksekusi dan otomatis.

2.5.   Jenis – jenis alat potong
Sesuai dengan bentuk dan penggunaannya, pahat bubut dapat diberinama dan pahat ini berlaku untuk nama pahat yang digunakan pada mesin bubut konvensional.
1.      Pahat kasar.
2.      Pahat halus/ penyelesaian.
3.      Pahat potong.
4.      Pahat alur.
5.      Pahat ulir
6.      Pahat radius
Sesuai dengan bentuk dan penggunaannya, pahat bubut dapat diberinama dan untuk pahat ini yang digunakan pada mesin bubut CNC.
1.      Pahat kasar ( roughing ) kanan dan kiri.
2.      Pahat halus ( copying tool ) kanan dan kiri.
3.      Pahat alur ( parting off tool ).
4.      Pahat netral.
5.      Pahat potong.
6.      Pahat ulir.

Penjelasan pada pahat-pahat tersebut, yaitu :

1.      Pahat kasar (roughing) kanan dan kiri.
Pahat ini digunakan untuk pengerjaan pembubutan awal baik untuk pembubutan memanjang, melintang, menyudut maupun radius (luar atau dalam).

2.      Pahat halus (copying tool) kanan dan kiri.
Dalam penggunaan pahat halus, prinsipnya sama dengan pahat kasar, hanya dalam oprasionalnya pahat ini hanya digunakan untuk penghalusan permukaan (finishing).

3.      Pahat alur (parting off tool).
Pahat alur biasanya digunakan pahat tempel dengan lebar 1,2 mm, dan dalam alur maksimal 1,5 mm.

4.      Pahat netral.
Pahat netral dapat digunakan untuk melakukan pengerjaan pembubutan memanjang, menyudut maupun radius dengan ketentuan :
a.       Untuk pembubutan menyudut, sudut maksimal tidak boleh lebih dari 60o.
b.      Untuk pembubutan radius, tangen busur lingkaran tidak boleh lebih dari 60o.

5.      Pahat potong.
Untuk pahat potong biasanya terbuat dari bahan HSS dengan lebar mata pahat 3,5 mm. Biasannya pahat potong identik dengan pahat alur. Artinya pahat alur digunakan sekaligus sebagai pahat potong.

6.      Pahat ulir.
Pahat ulir biasanya digunakan pada pahat tempel.

 - PERAKTEK PEMBUATAN

3.1.  Flow chart
Flow chart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flow chart menolong analis untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flow chart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah, khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

3.2.  Flow chart sistem
Flow chart sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur yang ada dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.
Flow chart sistem terdiri dari langkah-langkah yang melalui proses. Proses dalam flow chart sistem dapat ditemukan secara metode observasi (metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek yang akan dibahas) atau metode interview (metode pengumpulan data dengan cara melakukan diskusi).



3.3. Alur melakukan praktek pembubutan pada mesin CNC
Analis sistem menggunakan flow chart sistem untuk menggambarkan urutan  pekerjaan dalam suatu pembuatan dari benda kerja.
















3.4.Tahap melakukan pembubutan
Beberapa tahap pembuatan dari benda kerja, yaitu :

3.4.1.    Persiapan
Sesuai dengan dasar pemikiran jenis pekerjaan yang akan dilakukan pada saat praktek,sebagai berikut :
·      Jadwal pada saat pelaksanaan praktek.
·      Menentukan jumlah pekerja yang diinginkan.
·      Persiapan benda kerja yang dibutuhkan.   
3.4.2.   Persiapan sketsa dan kode program.








T0303
M3S1500
G0 X26 Z3
Z2 M8
G71 U0,2 R0,5
G71 P2 Q3 F200
N2 G1 X0
Z0
X4 Z-8
G3 X12 Z-12 R4
Z-40
G2 X22 Z-45 R5
Z-60
Z30
N3 G0 Z3 M9
G28 U0 W0
MS
M30
3.4.3.   Pelaksanaan
Mesin bubut CNC melakukan pembubutan sesuai kode yang diinginkan, pembubutan ini memakan waktu sekitar 5menit untuk pemberian kode yang dicantumkan sebelumnya hingga terbentuklah benda jadi yang diinginkan sampai dengan kode program finishing.

3.4.4.   Start-up
Melakukan pengecekan ulang keseluruh sistem apabila kegiatan dianggap selesai serta hasil tersebut langsung  dipertanggung jawabkan pada saat kegiatan tersebut.

3.4.5.   Laporan dan evaluasi
Sesudah melaksanakan kegiatan praktek selesai maka disusunlah laporan hasil kegiatan tersebut, karena laporan ini sebagai bahan pertimbangan dan laporan ini bisa dipertanggung jawabkan.

Leave a reply

5 Comments to "Dasar mesin CNC"

  1. trimakasih buat postingannya, boleh kah saya minta sumber referensi dari teori diatas ? untuk kepentingan tugas akhir.
    trimakasih :)

  2. kunjungi wibsite kami yaa

    www.winapack.ocm

  3. terimakasih utk postingan yg sangat informatif, silahkan kunjungi website kami https://www.uma.ac.id/

  4. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
    Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

  5. Jasa Import Mesin CNC
    081398881288
    https://www.jasa-import-borongan.com/info-produk/jasa-import-medsin-cnc-0813198881288.html

Mengenai Saya

Foto saya
belajar tuk menghadapi masalah dan kesabaran yang harus di pentingkan bagi saya.
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

kalender

jam

Followers